Jadi Tempat Studi Tiru, DPD LPM Banten Terbaik untuk Ketiga Kalinya

DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Banten kembali menjadi percontohan LPM daerah lain untuk yang ketiga kalinya

topmetro.news – DPD LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Provinsi Banten kembali menjadi percontohan daerah lain untuk yang ketiga kalinya. Kali ini, jajaran pengurus DPD LPM Kota Balikpapan, Kalimantan Timur melalukan studi tiru mengenai pengelolaan organisasi DPD LPM Banten. Juga soal pemberdayaan lingkungan dan kemitraan LPM dengan pemerintah.

Plt Ketua DPD LPM Provinsi Banten H Abdulrahim Odeh mengaku bersyukur Banten kembali dapat kunjungan pengurus LPM daerah lain. “Ini yang ketiga kalinya Banten dikunjungi pengurus LPM daerah lain. Dulu yang pertama, kita dikunjungi pengurus LPM Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, kemudian LPM Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dan ini yang ketiga kalinya,” ujarnya usai menerima peserta studi tiru di Aula Bapeda Banten Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Kota Serang, Kamis (2/10/2023).

Odeh mengaku berharap para pengurus LPM Provinsi Banten bisa melakukan kunjungan balasan ke LPM Kota Balikpapan. “Mudah-mudahan, nanti kami bisa berkunjung ke sana. Melihat kemitraan LPM dengan pemerintah dalam mendukung kehadiran IKN di sana,” ujarnya.

Menurut Odeh, LPM Provinsi Banten beserta kabupaten kota sebelumnya pernah melakukan kunjungan ke LPM Bali. “Saat itu, kami belajar dengan Bali yang telah berhasil membangun kemitraan dengan pemerintah dan swasta. Dan bagaimana LPM sana sudah berhasil membangun gedung sendiri hasil swadaya,” ujarnya.

Baiknya kemitraan LPM Banten dengan pemerintah dapat pengakuan dari Kadis DPMD Banten Usman Asshiddiqi Qohara. “Kami terbantu melakukan berbagai program salah satunya atas kemitraan bersama LPM,” katanya.

Karena itu, Usman berharap hubungan baik LPM Banten serta kabupaten kota dengan pemerintah setempat hendaknya bisa tetap terjaga. “Sehingga terjalin sinergisitas yang baik,” imbuhnya.

Studi Tiru Sinergitas

Sementara Sekretaris Dinas P3AKB Kota Balikpapan drg Wulansari mengucapkan terimakasih atas sambutan baik Pemprov Banten dan LPM Banten. “Kami berharap bapak-bapak dan ibu-ibu nantinya juga bisa ke tempat kami,” katanya.

Ketua DPD LPM Kota Balikpapan Damanhuri mengungkapkan para peserta studi tiru seluruhnya berjumlah 45 orang. Yani berasal dari LPM kota, LPM kecamatan, dan LPM kelurahan. Sebagai pendamping adalah Sekdis P3AKB Kota Balikpapan.

Ia mengaku kedatangannya ke Provinsi Banten ingin mempelajari sinergisitas LPM dengan pemerintah. “Banyak hal yang menarik di sini. Tapi salah satunya, kami ingin memperdalam bagaimana sinergisitas pemerintah dan unsur masyarakat, salah satunya LPM,” ujranya.

Usai berdialog, jajaran LPM Banten mendampingi rombongan LPM Kota Balikpapan menuju Kota Tangerang. Mereka kemudian mendengarkan paparan tentang bagaimana LPM Kota Tangerang bermitra dengan pemerintah dalam membuka dan mengelola Situ Gede yang tadinya terlantar.

Pada kesempatan itu Ketua DPD LPM Kota Tangerang Odeh mengungkapkan rasa terimakasih kepada Pemprov Banten yang telah membantu memfasilitasi kegiatan tersebut. Juga berterimakasih kepada Pemko Tangerang atas fasilitasinya kepada LPM se-Kota Tangerang.

Odeh mengaku selama menjadi Plt Ketua DPD LPM Banten sudah menjalankan tugas sesuai mandat DPP LPM RI. “Di antaranya, membenahi roda organisasi LPM dan eksistensinya, dengan melakukan berbagai kegiatan. Seperti membentuk DPD LPM kabupaten dan kota. Membangun kemitraan dengan instansi pemerintah daerah, intitusi TNI, Polri, dan unsur swasta serta masyarakat di wilayah Provinsi Banten,” ujar Odeh.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment